Artikel

Lima Aplikasi E-Government, Inovasi Pemprov. Kalteng Untuk Permudah Akses Informasi

Lima Aplikasi E-Government, Inovasi Pemprov. Kalteng Untuk Permudah Akses Informasi

Sesuai instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional yang mewajibkan Kementerian/Lembaga Negara, Provinsi, Kabupaten, dan Kota di Indonesia untuk menerapkan E-Government menjadi dasar bagi Pemerintah tingkat Provinsi dalam melaksanakan E-Government, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian  dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah membuat 5 Aplikasi E-Government pada tahun 2018, yang dapat mempermudah pelayanan dalam mengakses informasi seputar Kalimantan Tengah. Penerapan aplikasi E-Government tersebut digunakan untuk meningkatkan efektivitas proses pemerintahan dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Kelima aplikasi tersebut diperkenalkan langsung oleh Eko Sutrisno, S.Kom, M.Cs selaku web master pada hari Rabu (20/02/2019) di Aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah. Eko berharap Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Tengah terutama Bidang E-Government bisa mengembangkan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga dapat memudahkan dalam mendapatkan informasi seputar Kalimantan Tengah. Kelima aplikasi E-Government tersebut yaitu:

  • Sistem Informasi Manajemen Pusat Informasi Spasial Daerah (PISDA)
    PISDA merupakan aplikasi penyediaan informasi/data peta kewilayahan Provinsi Kalimantan Tengah berbasis peta atau spasial (alamat aplikasi: pisda.kalteng.go.id).
  • Sistem Dashboard dan Ringkasan Informasi
  • Sistem Dashboard merupakan aplikasi yang berisi rekapitulasi Capaian Kinerja, Perencanaan, Pendapatan, Penyerapan Anggaran, Rencana Umum Pengadaan, Pelaporan Pengadaan dan Sistem Monitoring TEPRA yang ada di Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (alamat aplikasi: Dashboard.kalteng.go.id).
  • Sistem Informasi Manajemen Portal dan Kalteng Mobile
    Sistem ini merupakan satu-satunya aplikasi yang berbasis android untuk memudahkan dalam memperoleh informasi seputar Provinsi Kalimantan Tengah. Aplikasi ini dapat diunduh melalui aplikasi android Playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=haruna.gi.kaltengmobilex (alamat aplikasi: www.m.kalteng.go.id)
  • Sistem Informasi Manajemen Pejabat Pengelola Informasi Daerah (SIM PPID)
    SIM PPID merupakan aplikasi yang digunakan untuk pelayanan pengaduan yang terhubung langsung dengan lapor.go.id. dan PPID (alamat aplikasi: sim-ppid.kalteng.go.id)
  • Sistem Informasi Manajemen Kalteng Multimedia Warehouse Storage dan Kalteng SMS Gateway
    Aplikasi ini merupakan Cloud Storage (penyimpanan awan) file secara online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja untuk mengamankan data milik Provinsi Kalimantan Tengah. Aplikasi ini hampir mirip dengan Google Drive yang bisa menyimpan data dalam jumlah yang besar. (alamat aplikasi: Wh.kalteng.go.id)

Sumber: https://diskominfo.kalteng.go.id/berita/read/314/lima-aplikasi-e-government-inovasi-pemprov-kalteng-untuk-permudah-akses-informasi 

Kementerian PUPR Luncurkan Sembilan Aplikasi E-Government

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meluncurkan sembilan aplikasi yang diperuntukan untuk pelayanan publik maupun mendukung fungsi

Manfaat Aplikasi E-Government Berstandar dalam Pelayanan Masyarakat

Aplikasi e-government menjadi sebuah keharusan di era modern seperti sekarang. Keberadaannya menjadi sarana yang memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai k

Terapkan e-Government untuk Tingkatkan Layanan Publik

Maluku Tengah, Kominfo - Dinas Komunikasi dan Informatika Maluku Tengah memanfaatkan e-Government untuk meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat.

icon-back
Provinsi
Nama
Provinsi Nama
Tahun Data -
Situs web -
Level: -

-

Artikel

Belum ada konten terkait